Jumat, 06 April 2012

Kriteria Wanita Sholehah


Kriteria Wanita Solehah

Wanita sholehah dambaan setiap lelaki, juga idaman setiap orang, karena wanita sholehah lebih mulya disisi Alloh di antara wanita didunia. Wanita sholrhah lebih mahal harganya di banding intan mutiara yang paling mahal didunia, wanita sholehah  adalah perhiasan yang paling indah didunia.

Hadits Rosululloh Saw ;
“Dunia ini perhiasan , sebaik-baik perhiasan didunia adalah wanita sholehah”
Ada pertanyaan-pertanyaan, Apakah Eneng-eneng ingain jadi wanita sholehah?

Apakah Ujang-ujang ingin punya wanita sholehah? Bagaimana sich wanita sholehah itu? Apakah bapaknya yang bernama sholih, dan ibunya bernama sholehah?
            Wanita sholehah adalah wanita yang ta’at kepada Alloh, ta’at kepada Rosul, ta’at kepada Suami, hormat kepada orang tua, sayang kepada mertua. Apalah artinya  seorang wanita yang wajahnaya cantik, bodinya montok, perhiasanya mengkilap, pakaianya mahal, tapi tidak  sholehah.........amit-amit cabang bungin. Sering kita menilai wanita dari luarnya saja, tanpa memperhatikan dalamnya seperti apa? Bibirnya manis seperti madu, tapi hatinya pahit bagai empedu. kulitnya putih, mulus, licin, tapi akhlaknya rusak, galak, jahat, ketus, rakus kaya tikus, parfumnya harum mewangi, tapi pikiranya busuk bau tai.......idiiiih, kasihan dech loch.

Hadits Rosululloh Saw dari kitab Makhtarul Ahaditsin Nabawiyyah ;
“Sebaik-baik wanita adalah wanita yang jika kau pandang dia membuat kamu senang, jika kau perintah, dia ta’at tidak membantah, jika kau membaginya (menggilirnya) dia rela menerimanya, jika kau tidak ada disisinya, dia  menjaga kahormatan dirinya dan menjaga hartamu .”

            Dalam hadits ini ada 4 kriteria wanita sholehah :
Ø  Jika dipandang, dia membuat kita senang, malam terbayang, siang terkenag, pikiranpun melayang-layang. Baru saja mencari uang, rasanya ingin segera pulang, melihat senyum si yayang..........wajahnya ramah, senyumnya merekah, tawanya indah. Walaupun lagi susah, resah, gelisah, tapi suami betah tinggal dirumah, bersama Mamah yang sholehah.
Ø  Jika diperintah, dia ta’at tidak membantah, jika ibadah selalu berjamaah, jika malam jum’at selalu pasrah. Disuruh mencuci disumur dia rela, disuruh memasak didapur dia rajin, disuruh goyang dikasur dia siap setiap saat …ya… ya…wanita sholehah takut dengan ancaman Rosululloh.

        Hadits Rosululloh Saw ;
“jika seorang suami,  mengajak istrinya ke tempat tidur, tapi istrinya tidak mau melayaninya, lalu suami tidur dalam keadaan marah. Maka Malaikat melaknat istrinya hingga datang waktu pagi (subuh),.”

Ø  Jika dibagi uang, dia senang menerimanya, sekit atau banyak yang penting makan enak, tidur nyenyak, suami kuat, service nikmat. Tapi kalau wanita tidak sholehah, ada uang abang disayang, tak  ada uang abang ditendang, wanita sholehah memang butuh materai (harta) tapi bukan cewek materai yang mata duitan. Sebagian Ulama mengartikan, makna kalimah ini adalah jika di beri giliran ditempat tidur (mungkin karena istrinya lebih dari satu) , tapi istrinya rela dan ikhlas menerimanya.
Ø  Jika suami keluar, sedang mencari dollar, dia setia menunggunya, menjaga hartanya, mengurus anaknya, dan memelihara dirinya. Bukan sebaliknya, istri liar, rumah di tinggal, anak terlantar, dirinya diobral dengan lelaki binal........naudzubillahi...................................
Banyak sudah contoh yang terjadi karena wanita tidak sholihah timbul Broken Home, rumah tangga berantakan, keluarga acak-acakan, perkawinan akhir dengan perceraian, anak tidak diperhatikan. Orsng tua dan mertua melecehkan, masyarakatpun mengucilkan.
            Jika ke 4 kriteria tadi terdapat pada wanita yang kita miliki, atau wanita yang ada di kampung, dikota atau dinegara kita, rasanya hidup ini begitu indah tiada duanya, walaupun wanita itu telah wafat, tapi namanya yang harum akan tetap berkibar, terbayang dilubuk hati setiap orang, melahirkan decak kagum penuh kebanggaan. Wanita seperti itulah yang akan menjadi tiang negara, atau pemimpin bidadari Syurga, bahkan akan diberi fasitas apa saja.

Hadits Rosululoh dalam kitab Mukhtarul Ahaditsin Nabawiyyah ;
“Apabila seorang wanita sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, ta’at kepada suami, menjaga krehormatan dirinya. Maka akan masuk Syurga dari pintu mana saja yang dia mau.”

            Oleh karena itu, lewat forum ini, pada peringatan Hari Ibu di laksanakan setiap tanggal 22 Desember, kami berpesan kapada wanita, para ibu dan para  remaja putri, jadilah wanita sholehah yang menjadi harapan dan dambaankeluarga, masyarakat dan bangsa. Bukan menjadi sampah hina dan tak berguna. Jika menjadi seorang istri, jasilah istri yang sholehah, yang selalu siap mendampingi sang suami di kala berusaha, melayani sang suami di kala berdua, dan menghibur suami di kala susah. Iringilah suami dalam mendayung bahtera rumah tangga menuju pulau yang bahagia. Jika nada seorang ibu, jadilah ibu yang sholehah, yang siap mendidik dan membina anak-anaknya, agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Ibu ibarat sekolah yang menentukan masa depan anak-anaknya, Jika anda seorang wanita karir, jadilah wanita karir yang sholehah, yang berkarir dengan karir yang baik, niat yang benar dan tujuan yang mulya, untuk membantu sang suami menafkahkan keluarga,dengan tidak menyepelekan tugas utama sebagai Ibu Rumah Tangga.

                                                                                               



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar